REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VIII Di MTS Nahdatul Ulama Medan

SITI MASITA PURBA (2023)

penelitian-implementasi-metode-problem-solving-pada-mata-pelajaran-akidah-akhlak-dalam-meningkatkan-kemandirian-siswa-kelas-viii-di-mts-nahdatul-ulama-medan

Implementasi Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VIII Di MTS Nahdatul Ulama Medan

Implementasi Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VIII Di MTS Nahdatul Ulama Medan, Implementasi Metode Problem Solving, Pembelajaran Akidah Akhlak, Sikap Kemnadirian Siswa....

Author: SITI MASITA PURBA
Date: 2023
Keywords: Implementasi Metode Problem Solving, Pembelajaran Akidah Akhlak, Sikap Kemnadirian Siswa.
Type: Skripsi
Category: penelitian

Metode problem solving adalah metode yang dihadapkan pada suatu kondisi permasalahan harus menemukan sejumlah cara untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Dalam hal ini siswa harus memiliki kemampuan mengklasifikasikan hukumhukum dan mengaitkannya dengan lingkungan. Pembelajaran Akidah Akhlak adalah salah satu kurikulum yang diajarkan pada tahapan pendidikan tingkat menengah, yang memberikan pengaruh besar bagi tingkah laku siswa, baik dalam kehidupan di sekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi metode problem solving pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VIII di MTs Nahdatul Ulama Medan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak dan siswa kelas VIII di MTs Nahdatul Ulama Medan. Sikap kemandirian yang terlihat di MTs Nahdatul Ulama Medan diantaranya yaitu mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam kelas contohnya apabila ada perselisihan, mereka mampu menyelesaikannya tanpa adanya perkelahian, apabila ada sampah baik itu di dalam kelas maupun luar kelas, mereka membersihkannya atau membuangnya ke tong sampah tanpa adanya perintah dari guru, apabila kehilangan barang mereka tidak langsung menuduh tetapi bertanya dengan baik-baik sehingga tidak menimbulkan perkelahian dan masih banyak lagi contoh yang lain Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa implementasi metode problem solving pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VIII di MTs Nahdatul Ulama Medan telah terlaksana dengan baik. Karena lingkungan madrasah yang cukup kondusif dan didukung oleh sarana dan prasarana yang ada di madrasah.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB