REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Implementasi Keteladanan Guru Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di MIS Al Jam'iyatul Washliyah Medan Sunggal

RAMADANSYAH BATUBARA (2023)

penelitian-implementasi-keteladanan-guru-dalam-membentuk-kedisiplinan-siswa-di-mis-al-jam-39iyatul-washliyah-medan-sunggal

Implementasi Keteladanan Guru Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di MIS Al Jam'iyatul Washliyah Medan Sunggal

Implementasi Keteladanan Guru Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di MIS Al Jam'iyatul Washliyah Medan Sunggal, Keteladanan, Guru, Kedisiplinan Siswa...

Author: RAMADANSYAH BATUBARA
Date: 2023
Keywords: Keteladanan, Guru, Kedisiplinan Siswa
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keteladanan guru dalam membentuk kedispilinan siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) AlJam`iyatul Washliyah Medan Sunggal, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam keteladalan guru dalam membentuk kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal Penelitian ini menggunakan strategi pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan strategi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data penelitian diolah dengan teknik analisis data dimulai dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) AlJam`iyatul Washliyah Medan Sunggal sudah termasuk dalam katagori baik. Walaupun masih ada beberapa siswa yang tidak mengikuti peraturan keteladanan yang dibuat oleh guru. Adapun keteladanan guru dalam membentuk kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta (MIS) Al-Jam`iyatul Washliyah Medan Sunggal dilakukan melalui 1). mengucapkan salam sambil berjabat tangan dengan guru, 2). sholat dhuha berjamaah, 3). membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, dan 4). bergontong royong untuk membuang sampah. Faktor pendukung nya: keluarga, atau orang tua itu tempat pendidikan pertama bagi seorang anak untuk membentuk kedisiplinan, dan guru itu tempat dimana seorang siswa yang menerima ajaran yang sangat penting bagi siswa dalam membentuk kedisiplinan. Faktor penghambat: Kurangnya kesedaran siswa untuk mengikuti program dari madrasah, dan orang tua yang sibuk dan kurang peduli dengan kedisiplinan anaknya.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB