
PENANAMAN NILAI –NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 62 TANJUNG GUSTA
PENANAMAN NILAI –NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH 62 TANJUNG GUSTA, Nilai-nilai, Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI...
Author: ANISA PUTRI
Date: 2023
Keywords: Nilai-nilai, Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI
Type: Jurnal
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung gusta, waktu rencana penelitian semester genap bulan Januari tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitiannya kualitatif, dengan sumber penelitian ini ada 2 yaitu sumber data primer berupa interview kepada tiga informan yaitu Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa, disertakan juga observasi ke lingkungan sekolah. Kemudian sumber data sekunder berupa data dokumentasi dan arsip - arsip penting. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling, data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitiannya adalah penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta dalam pembelajaran PAI telah diupayakan untuk membentuk siswa yang menghargai perbedaan, memiliki pemahaman yang luas tentang agama, dan mampu bersikap toleran dalam berinteraksi dengan sesama. Pendidikan Agama Islam di sekolah ini memberikan fokus pada pembentukan karakter yang baik, tidak hanya sebatas memahami doktrin-doktrin agama saja.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB