
Implementasi Kompetensi Guru Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang
Implementasi Kompetensi Guru Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang, implementasi, kompetensi, guru PAI, peningkatan, hasil belajar...
Author: CAHAYA MANI
Date: 2023
Keywords: implementasi, kompetensi, guru PAI, peningkatan, hasil belajar
Type: Jurnal
Category: penelitian
Implementasi kompetensi guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan guru berperan sebagai agen utama dalam proses pembelajaran dan perubahan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi kompetensi guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang, 2) menganalisis kemampuan-kemampuan dalam berbagai aspek dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dijelaskan dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi non-partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yaitu melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) implementasi kompetensi guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 62 mencakup enam kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual, dan leadership. Secara eksternal, keseluruhan kompetensi guru PAI berkontribusi dan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa; 2) kemampuan siswa yang dihasilkan dari proses pembelajaran melalui implementasi guru PAI meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Peningkatan hasil belajar siswa pada ketiga aspek tersebut tampak pada perubahan pada diri siswa secara terukur dengan tingkatan yang berbedabeda.
Files:
Tidak ada data !
Collections:
Digital Library UNPAB