REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Strategi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru pada mata pelajaran Fiqh di MA Islamiyah Sunggal

Andi imam khairil siregar (2023)

penelitian-strategi-supervisi-pembelajaran-dalam-meningkatkan-kinerja--guru-pada-mata-pelajaran-fiqh-di-ma-islamiyah-sunggal

Strategi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru pada mata pelajaran Fiqh di MA Islamiyah Sunggal

Strategi supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru pada mata pelajaran Fiqh di MA Islamiyah Sunggal, Supervisi Pembelajaran, Meningkatkan Kinerja Guru, Pelajaran Fiqih...

Author: Andi imam khairil siregar
Date: 2023
Keywords: Supervisi Pembelajaran, Meningkatkan Kinerja Guru, Pelajaran Fiqih
Type: Skripsi
Category: penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Strategi Supervisi yang di laksanakan oleh kepala Madrasah Aliyah Islamiyah Sunggal dalam meningkatkan kinerja guru fiqih, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat supervisi pembelajaran dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Aliyah Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data sumber data primer yang diperoleh dari kepala Madrasah MAS Islamiyah Sunggal, guru fiqih MAS Islamiyah Sunggal, wali kelas XII dan siswa-siswi XII MAS Islamiyah Sunggal. Adapun sumber data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung yaitu berupa buku, catatan, artikel atau jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah MAS Islamiyah Sunggal dalam pelaksanaan supervisi untuk meningkat kinerja guru, sebagaimana pelaksanaan itu dilakukan dengan dua kali tahap, tahap pertama dilakukan pada semester ganjil, tahap kedua dilakukan pada semester genap. Adapun strategi supervisi yang dilakukan kepala Madrasah berupa: kegiatan supervisi yang dilakukan secara langsung, melalui kunjungan kelas. Kegiatan supervisi tidaklangsung, dilakukan dengan melihat dan memantau kinerja guru melalui monitor atau cct yang telah dipasang disetiap kelas, terdapat rapat bulanan, tugas tahunan yang diberikan guru, serta kegiatan seminar bagi guru. Selain itu terdapat faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi yaitu: dukungan pihak sekolah itu sendiri, apresiasi yang diberikan oleh kepala Madrasah, antusias guru-guru MAS Islamiyah Sunggal yang tinggi serta menerima setiap masukan, saran-saran dari kepala madrasah dari hasil kegiatan supervisi. Dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Supervisi: masih kurangnya kualitas guru fiqih dalam memanfaatkan media belajar.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB