REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Bagi Bidan Dalam Menjalankan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Di Puskesmas (Studi Di Puskesmas ...)

NIRMAYANA SINAGA (2023)

penelitian-analisis-yuridis-perlindungan-hukum-bagi-bidan-dalam-menjalankan-pelayanan-kesehatan-bagi-masyarakat-di-puskesmas-studi-di-puskesmas-

Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Bagi Bidan Dalam Menjalankan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Di Puskesmas (Studi Di Puskesmas ...)

Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Bagi Bidan Dalam Menjalankan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Di Puskesmas (Studi Di Puskesmas ...), Perlindungan Hukum, Puskesmas, Bidan...

Author: NIRMAYANA SINAGA
Date: 2023
Keywords: Perlindungan Hukum, Puskesmas, Bidan
Type: Thesis
Category: penelitian

Latar belakang: Bidan selain daripada penanggung jawab dalam pelayanan kesehatanbagi ibu dan anak, juga merupakan warga negara yang memiliki hak dan kewajibansebagai warga negara. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisbagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap bidan yang melayani imunisasi di Puskesmas Rambung Merah. Metode Penelitian: Metode pendekatan yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian hukum normatif empiris yang merupakan metode penelitianhukum hibrid dari metodologi hukum normatif dengan aspek empiris yang berbeda. Hasil dari penelitian ini tahun digambarkan secara lebih detail dengan deskriptif dannarasi yang diolah dari hasil studi Pustaka dan wawancara. Sehingga pada penelitianini tidak menggunakan uji statistik. Hasil: Sebagai bentuk pertanggungjawaban bidan dalam melakukan pelayanankesehatan program imunisasi, dapat dilihat melalui Pasal 20 Ayat 1 dan PermenkesNo. 43 Tahun 2019 Pasal 20 Ayat 1 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. PraktikBidan selamanya. Adapun bentuk penyelesaian hukum yang dapat ditempuh baikolehbidan di Puskesmas Rambung Merah atas temuan kelalaian atau kesalahanyangdisebabkan pada saat program imunisasi maka dapat menempuh jalur mediasi. Kesimpulan: Diketahui bahwa bentuk perlindungan hukum bagi yang melayani pasiendi Puskesmas Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun berbentukpereventif dan represif.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB