REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Sistem Pengelolaan Sampah yang Berwawasan Lingkungan dalam Upaya Menciptakan Kota yang Berkelanjutan Berdasarkan Undang Undang No. 32 Tahun 2009 tentang PPLH (Studi tentang Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Medan)

YULIA SUSANTI (2023)

penelitian-sistem-pengelolaan-sampah-yang-berwawasan-lingkungan-dalam-upaya-menciptakan-kota-yang-berkelanjutan-berdasarkan-undang-undang-no-32-tahun-2009-tentang-pplh-studi-tentang-sistem-pengelolaan-sampah-di-kota-medan

Sistem Pengelolaan Sampah yang Berwawasan Lingkungan dalam Upaya Menciptakan Kota yang Berkelanjutan Berdasarkan Undang Undang No. 32 Tahun 2009 tentang PPLH (Studi tentang Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Medan)

Sistem Pengelolaan Sampah yang Berwawasan Lingkungan dalam Upaya Menciptakan Kota yang Berkelanjutan Berdasarkan Undang Undang No. 32 Tahun 2009 tentang PPLH (Studi tentang Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Medan), Pengelolaan Sampah, Lingkungan, kota Berkelanjutan...

Author: YULIA SUSANTI
Date: 2023
Keywords: Pengelolaan Sampah, Lingkungan, kota Berkelanjutan
Type: Thesis
Category: penelitian

Lahirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengelola sampah. Pengelolaan sampah yang baik, akan menjadikan lingkungan yang berkelanjutan. Penelitian ini mengkaji sistem pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan dalam upaya menciptakan kota yang berkelanjutan (Studi Tentang Sistem Pengelolaan Sampah di Kota Medan). Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah (1) Bagaimana sistem pengelolaan sampah dan perwujudan kota berkelanjutan (2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan sampah di Kota Medan (3) Faktor apa saja yang menjadi hambatan dan solusi pengelolaan sampah dalam mewujudkan Kota berkelanjutan Metode Penelitian dilakukan secara yuridis empiris sosiologis yaitu data primer merupakan hasil penelitian lapangan yang dianalisis dengan undang-undang terkait. Hasil penelitian bahwa (1) Sistem pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan dapat memberi kontribusi bagi terwujudnya kota berkelanjutan, karena dengan pengelolaan sampah berwawasan lingkungan akan terciptanya lingkungan yang baik. (2) Pelaksanaan pengelolaan sampah di Kota Medan belum optimal dengan cara 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), sehingga perlu dilakukan penyediaan lahan TPA, transportasi, pendanaan, investor dan peningkatan partisipasi mayarakat. Hambatannya yaitu faktor jumlah penduduk, Kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang kurang memadai, faktor oprasional. Solusinya yaitu mengadakan pelatihan bagi pegawai, menambah jumlah armada dan kontainer.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB