REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

TINJAUAN YURIDIS BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PENGGUNAAN NARKOTIKA DAN PSIKOTROPIKA DENGAN “BERSAMA SAMA MELAKUKAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS GANJA BAGI DIRI SENDIRI (Analis Putusan Nomor : 29/Pid.Sus/2021/PN Cag).

MUHAMMAD ZAINUL KHAN (2023)

penelitian-tinjauan-yuridis-bagi-pelaku-tindak-pidana-penggunaan-narkotika-dan-psikotropika-dengan-bersama-sama-melakukan-penyalahgunaan-narkotika-golongan-i-jenis-ganja-bagi-diri-sendiri-analis-putusan-nomor--29pidsus2021pn-cag

TINJAUAN YURIDIS BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PENGGUNAAN NARKOTIKA DAN PSIKOTROPIKA DENGAN “BERSAMA SAMA MELAKUKAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS GANJA BAGI DIRI SENDIRI (Analis Putusan Nomor : 29/Pid.Sus/2021/PN Cag).

TINJAUAN YURIDIS BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PENGGUNAAN NARKOTIKA DAN PSIKOTROPIKA DENGAN “BERSAMA SAMA MELAKUKAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I JENIS GANJA BAGI DIRI SENDIRI (Analis Putusan Nomor : 29/Pid.Sus/2021/PN Cag)., Peradilan Pidana Narkotika , Golongan I Jenis Ganja...

Author: MUHAMMAD ZAINUL KHAN
Date: 2023
Keywords: Peradilan Pidana Narkotika , Golongan I Jenis Ganja
Type: Thesis
Category: penelitian

Narkotika Mirip dengan uang koin, narkotika memiliki dua sisi yang berbeda. Kedua sisi ini memiliki konotasi yang berbeda. Di satu sisi memiliki efek menguntungkan dan manfaat yang diperlukan untuk pengobatan, oleh karena itu pasokan narkotika secara terus menerus diperlukan untuk memenuhi tuntutan profesi medis. Selain itu, obat-obatan yang diberikan secara bertanggung jawab bermanfaat bagi kemajuan ilmiah. Di sisi lain, narkoba memiliki dampak negatif yang digunakan oleh individu tertentu untuk mencapai kesenangan dunia yang sementara, yang pada gilirannya menghasilkan keinginan untuk menggunakan narkoba secara konsisten dan mengakibatkan ketergantungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum terkait penyalahgunaan narkoba, variabel-variabel yang melatarbelakangi terjadinya penyalahgunaan narkotika jenis ganja golongan I, dan kebijakan hukum pidana yang dirancang untuk mencegah penyalahgunaan narkotika. Analisis data penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang memanfaatkan sumber data sekunder yang beragam, antara lain peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, teori hukum, literatur hukum, jurnal hukum, dan artikel yang dimuat di media mainstream terkait dengan tindak pidana narkoba. Berdasarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum yang disusun secara subsidairitas, Majelis Hakim akan mempertimbangkan dakwaan Primair terlebih dahulu, apabila dakwaan Primair tidak terbukti, maka akan dipertimbangkan dakwaan berikutnya. Penegakan Hukum Pidana terhadap Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika yang dilakukan oleh MUSLIADI Bin Alm SAMSUDIN Dalam Putusan Nomor : 29/Pid.Sus/2021/PN.Cag, Tim menyatakan bahwa terdakwa Musliadi Bin Alm. Samsudin dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan 6 (enam) bulan menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan, menetapkan terdakwa tetap ditahan, dan Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp 7.500,00 (tujuh ribu lima ratus rupiah).

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB