REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU KELALAIAN DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MENINGGALNYA ORANG LAIN(Studi Putusan Nomor: 6/Pid.B/2019/PN Snn)

SRI LESTARI WIDODO (2023)

penelitian-pertanggungjawaban-pidana-terhadap-pelaku-kelalaian-dalam-kecelakaan-lalu-lintas-yang-mengakibatkan-meninggalnya-orang-lainstudi-putusan-nomor-6pidb2019pn-snn

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU KELALAIAN DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MENINGGALNYA ORANG LAIN(Studi Putusan Nomor: 6/Pid.B/2019/PN Snn)

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU KELALAIAN DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MENINGGALNYA ORANG LAIN(Studi Putusan Nomor: 6/Pid.B/2019/PN Snn), Kecelakaan Lalu Lintas, Tindak Pidana...

Author: SRI LESTARI WIDODO
Date: 2023
Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Tindak Pidana
Type: Thesis
Category: penelitian

Tingkat kecelakaan lalu lintas tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahunnya semakin meningkat dengan jumlah korban yang tidak sedikit. Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) banyak disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat, Dalam peristiwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) haruslah dipisahkan antara pelanggaran dan kejahatan. Karena untuk melakukan penuntutan didepan hukum maka kejadian yang terjadi haruslah merupakan kejahatan, sementara pada kecelakaan lalu lintas kejahatan yang terjadi merupakan kejahatan. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan mengkaji pengaturan hukum terhadap tindak pidana kelalaian dalam berlalulintas yang menyebabkan kematian, dan Pertanggungjawaban Pidana bagi Pelaku Kelalaian kecelakaan Lalu Lintas serta Analisa Pidana untuk hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian orang lain. Jenis penelitian ini adalah yuridis Empiris dan Normatif. Alat pengumpul data didapatkan melalui bahan perpustakaan dan kelapangan untuk mengambil data yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia diatur dalam Pasal 359 KUHPidana dan Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pertanggungjawaban Pidana bagi Pelaku Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia sebagaimana diatur dalam Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan Sanksi pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 12.000.000,00 (dua belas juta rupiah) dan Hakim dalam memutuskan perkara tindak pidana kecelakan Lalu Lintas berdasarkan keyakinanya dengan membuktikan unsur-unsur dari Pasal yang didakwakan berdasarkan fakta persidangan dari keterangan terdakwa, saksi, alat bukti dan mempertimbangkan hal yang memberatkan dan meringankan serta keadilan bagi pelaku, korban dan masyarakat.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB