Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien dan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening DI Murni Teguh Memorial Hospital Medan
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien dan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening DI Murni Teguh Memorial Hospital Medan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas....
Author: Sovia Manalu
Date: 2023
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas.
Type: Thesis
Category: penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh 1) Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, 2) kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien, 3) kepuasan pasien terhadap terhadap loyalitas pasien dan 4) kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini berasarkan data kunjungan pasien rawat inap dari bulan Juni – September 2022 sebanyak 1.890. Sample dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pedoman Hair sehingga diperoleh sample sebanyak 243 dirawat di Rumah Sakit Murni Teguh Memorial Medan. Data yang dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Data yang digunakan adalah data primer dan menggunakan analisis jalur dengan metode pengolahan data SEM-Amos. Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid reliable. Hasil pengumpulan data didapatkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh secara sigifikan terhadap kepuasan pasien, 2) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifkan terhadap loyalitas pasien, 3) kepuasan pasien berpengaruh secara sinifikan terhadap loyalitas pasien, 4) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan. Oleh karena itu hendaknya Rumah Sakit Murni Teguh Memorial Medan meningkatkan kualitas pelayanan dan memperhatikan kepuasan sehingga rumah sakit ini menjadi salah satu provider layanan kesehatan yang maju dan di minati di Sumatera Utara khususnya Kota Medan
Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK
Collections:
Digital Library UNPAB