REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Peran Atasan Dalam Penyelesaian Tindak Pidana Desersi Yang Dilakukan Oknum Anggota TNI (Penelitian di Peradilan Militer Tinggi I Medan)

MHD. DIANO KHAIRIAN (2022)

penelitian-peran-atasan-dalam-penyelesaian-tindak-pidana-desersi-yang-dilakukan-oknum-anggota-tni-penelitian-di-peradilan-militer-tinggi-i-medan

Peran Atasan Dalam Penyelesaian Tindak Pidana Desersi Yang Dilakukan Oknum Anggota TNI (Penelitian di Peradilan Militer Tinggi I Medan)

Peran Atasan Dalam Penyelesaian Tindak Pidana Desersi Yang Dilakukan Oknum Anggota TNI (Penelitian di Peradilan Militer Tinggi I Medan), Peranan Atasan...

Author: MHD. DIANO KHAIRIAN
Date: 2022
Keywords: Peranan Atasan
Type: Thesis
Category: penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, Adapun sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian inibersifat deskriptif, sedangkan data penelitian diperoleh dari data primer dan juga data sekunder yang menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research). Penyelesaian perkara tindak pidana desersi yang dilakukan oleh anggota TNI di Pengadilan Militer I Medan diawali dari proses penyidikan oleh penyidikan, yang kemudian dilanjutkan penyerahan perkara dari penyidik kepada Ankum, Papera dan Oditur untuk selanjutnya dilimpahkan ke persidangan. Setelah berkas perkara oleh Oditur dilimpahkan ke persidangan, maka oditur membacakan surat dakwaan, yang kemudian dilanjutkan kepada tahap pemeriksaan terhadap sanksi-saksi, terdakwa, saksi ahli dan bukti-bukti surat yang menjadi dasar bagi hakim dalam menjatuhkan putusan terhadak terdakwa. Hambatan ANKUM dalam melakukan penegakan hukum terhadap tindak pidana Desersi di Pengadilan Tinggi Militer I Medan, yaitu sulitnya dalam menentukan locus delicti dan tempus delicti dalam hal seorang anggota TNI melakukan desersi karena ketidakhadiran dalam tugas. Peranan ANKUM terkait dengan penegakan hukum terhadap tindak pidana desersi adalah memberikan hukuman dan juga penilaian terhadap suatu perkara yang sedang dilakukan proses hukum, apakah perkara tersebut dilanjutkan ke tahap pemeriksaan di persidangan atau tidak.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB