REPOSITORY

Universitas Pembangunan Panca Budi

Penerapan hukum pembuktian dan penemuan hukum oleh hakim terhadap alasan perceraian dalam gugatan cerai ( analisa yuridis putusan no 38/PDT.G/2016/PN.LBP )

ARDIE SUSANTO (2022)

penelitian-penerapan-hukum-pembuktian-dan-penemuan-hukum-oleh-hakim-terhadap-alasan-perceraian-dalam-gugatan-cerai--analisa-yuridis-putusan-no-38pdtg2016pnlbp-

Penerapan hukum pembuktian dan penemuan hukum oleh hakim terhadap alasan perceraian dalam gugatan cerai ( analisa yuridis putusan no 38/PDT.G/2016/PN.LBP )

Penerapan hukum pembuktian dan penemuan hukum oleh hakim terhadap alasan perceraian dalam gugatan cerai ( analisa yuridis putusan no 38/PDT.G/2016/PN.LBP ), Cerai, Perceraian, Alasan Cerai...

Author: ARDIE SUSANTO
Date: 2022
Keywords: Cerai, Perceraian, Alasan Cerai
Type: Thesis
Category: penelitian

Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan yuridis normatif. Sumber data yang merupakan objek penelitian dalam tesis ini yaitu Putusan Pengadilan Negeri Lubuk Pakam No. 38/Pdt.G/2016/PN.LBP yang berakhir di upaya hukumpada tingkat Peninjauan Kembali dan telah berkekuatan hukum tetap. Sumber data sekunder berasal dari literatur, buku-buku ilmiah, makalah/hasil ilmiah para sarjana, dan dokumendokumen yang berhubungan dengan objek penelitian. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hakim telah melakukan penemuan hukum berdasarkan fakta-fakta yang terbukti di persidangan dalam memutus gugatan cerai berdasarkan perselisihan dan pertengkaran terus menerus terjadi dan secara diamdiaman, yang telah memperluas makna alasan perceraian pada Pasal 19 huruf (f) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1975 tersebut.

Files:
LEMBAR JUDUL 1
DAFTAR PUSTAKA
ABSTRAK

Collections:
Digital Library UNPAB